Selasa, 12 November 2013

Program Konversi Mata Uang

Haloo bloggers, kita ketemu lagi dalam kondisi yang berbeda. kenapa berbeda ya ? karena kali ini saya bukan mau posting tentang tugas dari softskill melainkan saya mau berbagi informasi tentang program java, yaitu membuat program konversi mata uang dengan menggunakan bahasa pemrograman java.

langsung aja nih saya punya sebuah program yang mengkonversikan mata uang dari rupiah ke tiga mata uang lainnya seperti dollar, euro, dan poundsterling yang telah saya buat.

langsung aja kali yah masuk ke listing program....




Program ini mungkin cukup sederhana untuk programmer java tingkat expert, tapi sedikit kompleks untuk programmer pemula karena bahasa java merupakan bahasa pemrograman yang berbasis objek.

Dalam program ini saya menggunakan GUI (Graphical User Interface), jadi diawal program saya harus mengimport library swing yang diketahui sebagai primary dari GUI.

Kemudian tahapan berikutnya yaitu kita membuat coding untuk pengaturan outputnya karenan nanti output akan berbentuk kotak dialog. di coding tersebut saya atur semua untuk outputnya mulai dari luas kotak output, judul kotak output, label, button, dan text field untuk inputan dan hasil output perhitungan konversi mata uangnya.

Penasaran dengan hasilnya seperti apa ? 

nih liat putputnya seperti gambar di bawah ini :D


Bisa kalian lihat sendiri sebagaimana gambar diatas bahwa nilai kurs yang saya buat hanya nilai statis yang tidak bisa menyesuaikan dengan nilai kurs yang berlaku untuk saat nanti, jadi perhitungannya pun masih perhitungan statis biasa.

Semoga sedikit ilmu yang telah saya berikan bisa bermanfaat dan maaf kalau masih banyak kesalahan.. 






1 komentar:

  1. Wah bagus mas. Eiya itu masih buat di Notepad++ ya? Kalau mau buat di NetBeans masih sama kan?
    Tak praktikkan dulu mas. Thanks.

    BalasHapus