Selasa, 16 November 2010

Pelapisan Sosial Dan Kesamaan Derajat

A. PENGERTIAN PELAPISAN SOSIAL

Masyarakat terbentuk dari individu-individu.individu-individu yang terdiri dari berbagai latar belakang tentu akan membentuk suatu masyarakat heterogen yang terdiri dari kelompok-kelompok sosial.dengan adanya atau terjadinya kelompok sosial ini maka terbentuklah suatu pelampisan masyarakat atau terbentuklah masyarakat yang berstrata.

Masyarakat merupakan suatu kesatuan yang didasarkan ikatan-ikatan yang sudah teratur dan boleh dikatakan stabil. Sehubungan dangan ini,maka dengan sendirinya masyarakat merupakan kesatuan yang dalam pembentukannya mempunyai gejala yang sama.


Masyarakat tidak dapat di bayangkan tanpa individu,seperti juga individu tidak dapat di bayangkan tanpa masyarakat.

Betapa individu dan masyarakat adalah komplementer hal ini dapat kita lihat dari kenyataan bahwa :
  1. manusia di pengaruhi oleh masyarakat demi pembentukan kepribadiannya
  2. individu mempengaruhi masyarakat dan bahkan bisa menyebabkan (berdasarkan pengaruhnya) perubahan besar masyarakatnya.
Setelah itu kita mengerti bahwa manusia sebagai mahkluk sosial ,marilah kita pelajari apa yang di maksud dengan Stratifikasi sosial dan pelapisan masyarakat.

Istilah stratifikasi atau stratification berasal dari kata STRATA atau STRATUM yang berarti LAPISAN.oleh karena itu soscial stratification sering di terjemahkan sebagai pelapisan masyarakat.

Pitirim A. Sorokin memberikan definisi pelapisan masyarakat sebagai berikut :
"Pelapisan masyarakat adalah perbedaan penduduk atau masyarakat ke dlam kelas-kelas yang tersusun secara bertingkat (hierarchies)"

  • TERJADINYA PELAPISAN SOSIAL

Pelapisan sosial terjadi di karenakan pleh beberapa faktor yaitu :

  1. Terjadi dengan sendirinya
Proses ini berjalan sesuai dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri. adapun orang-orang yang menduduki lapisan tertentu di bentuk bukan berdasarkan atas kesengajaan yang di susun sebelumnya oleh masyarakat itu,tetapi berjalan secara alamiah dengan sendirinya

2. Terjadi dengan di sengaja

Sistem pelapisan yang di susun dengan sengaja di tujukan untuk mengejar tujuan bersama.didalam sistem pelapisan ini di tetntukan secara jelas dan tegas adanya wewenang dan kekuasaan yang di berikan kepada seseorang.dengan adanya pembagian yang jelas dalam hal wewenang dan kekuasaan ini maka didalam organisasi itu terdapat keteraturan sehingga jelas bagi setiap orang di tempat mana letaknya kekuasaan dan wewenang yang di miliki dan dalam suatu organisasi baik secara vertikal maupun secara horizontal

B. PENGERTIAN KESAMAAN DERAJAT

Adanya kekuasaan negara seolah-olah hak individu lambat laun di rasakan sebagai sesuatu yang mengganggu ,karena di mana kekuasaan negara tersebut berkembang,maka terpaksalah ia memasuki lingkungan hak manusia pribadi dan berkurang pula luas batas hak-hak yang di miliki individu itu..Dan di sinilah timbul persengketaan pokok dua kekuasaan itu secara prinsip.yaitu kekuasaan manusia yang berwujud dalam hak dasar beserta kebebasan asasi yang selama itu di milikinya dengan leluasa,dan kekuasaan yang melekat pada organisasi baru dalam bentuk masyarakat yang merupakan negara tadi.


refferensi dari tulisan ini berdasarkan atas isi dari :

digital books
UNIVERSITAS GUNADARMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar